Software FreeOCR untuk Scanner

Simak yukk..

Pernahkah Anda mendapat kiriman dokumen dari kolega Anda namun ketika dibuka, ternyata format filenya bukan teks melainkan gambar? Padahal dokumen tersebut harus segera disunting. Apesnya, kolega Anda sulit dihubungi atau memang tidak memiliki dokumen aslinya yang berupa teks.

Tidak perlu panik. Anda bisa menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition) yang bisa “membaca” teks yang ada di gambar dan mengkonversinya menjadi teks “sungguhan”. Dan FreeOCR barangkali bisa menjadi jawaban atas persoalan Anda.

FreeOCR bisa membuka beberapa jenis gambar dan melakukan penelusuran terhadap gambar tersebut. Bila dijumpai teks, FreeOCR akan berusaha “membacanya” dan menampilkannya dalam area teks yang bisa diseleksi dan disalin.

Agak disayangkan bahwa jumlah format gambar yang didukung oleh FreeOCR relatif sedikit, yaitu BMP, JPG, PNG, GIF, dan TIF. Namun mengingat format-format tersebut adalah format yang relatif paling umum dijumpai, tentu tidaklah perlu terlalu dipersoalkan. Selain gambar, FreeOCR juga dapat membaca dokumen berformat PDF.

Prosedur penggunaan FreeOCR relatif mudah. Mula-mula buka gambar yang akan dibaca teksnya, lalu klik tombol OCR. Teks yang berhasil dibaca akan ditampilkan pada area sebelah kanan. Anda bisa melakukan seleksi terhadap teks tersebut dan menyalinnya untuk kemudian di-paste ke pengolah kata favorit Anda. Teks hasil pembacaan tersebut bisa juga disimpan sebagai file teks tersendiri atau diekspor ke dokumen Microsoft Word.

FreeOCR juga dapat bersinergi dengan perangkat keras pemindai (scanner). Jadi hasil pindaian itulah yang akan diolah untuk kemudian diseleksi, disimpan, atau diekspor ke Microsot Word.

Sayang sekali, hasil pemindaian FreeOCR kurang begitu presisi khususnya untuk jenis fontyang tidak standar. Misalnya jika ada huruf r dan n berdekatan, sering terbaca sebagai m. Lalu terkadang ada spasi yang muncul padahal di teks aslinya tidak ada.

Secara default, FreeOCR mendukung penggunaan Bahasa Inggris, walaupun bisa ditambahkan modul untuk bahasa lain. Bila modul bahasa yang aktif adalah Bahasa Inggris, pemindaian gambar berbahasa Indonesia juga akan memberikan hasil yang kurang baik.

Spesifikasi

Jenis Freeware
Ukuran Installer 151 KB
Situs Download http://www.paperfile.net
Sistem Operasi Windows 2000/XP/2003/Vista/7


Plus     :  Mendukung format PDF, bisa menyimpan langsung ke file teks dan ekspor ke Microsoft Word.

Minus :  Format gambar yang didukung relatif sedikit, instalasi tidak benar-benar offlinekarena harus mengunduh file tambahan pada proses instalasinya.

sumber : infokomputer.com