Apa itu PRINTER ? Berikut ini Ulasan Jenis-Jenisnya ..

Printer adalah alat yang dapat kita gunakan untuk mencetak documen (tulisan, gambar dan tampilan lainnya) dari komputer ke media kertas atau yang sejenis. Saat ini terdapat beberapa merk printer yang beredar dipasaran seperti  Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Brother, Lexmark dan yang lainnya.

Dari berbagai merek dan tipe printer yang ada, secara garis besar kita dapat mengelompokkan printer menjadi 3 jenis saja, yaitu printer inkjet, printer laserjet dan printer dot matrik. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing printer tersebut, berikut sedikit ulasanya.

1. Printer Inkjet

epson-l100

Salah satu Jenis PRINTER Infus Original

Type Printer yang satu ini sangat banyak sekali beredar dipasaran naik itu satu fungsi ataupun multifungsi. Kisaran harganya pun bervariasi antara Rp. 300.000 hingga jutaan rupiah. Banyak Vendor Printer yang sekarang ini sudah sedikit demi sedikit meninggalkan Printer dengan satu fungsi, banyak yang beralih ke multifungsi. Karena dapat membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Sekarang ini fitur pada printer yang membuat nilai pasar di masyarakat. Kelemahan pada PRINTER jenis Inkjet ini adalah hasilnya yang luntur bila terkena air, kelemahan lain yaitu sistem infus. Banyak masyarakat INDONESIA yang udah identik dengan infus-infus, akibatnya vendor yang awalnya melarang infus lama-lama melihat ini sebagai lahan bisnis juga seperti EPSON. Untuk sekarang ini satu-satunya Brand yang berani untuk mengeluarkan sistem infus original. Kenapa orang lebih senang di infus? Karena biaya cost untuk tinta nya lebih murah dan dapat memberi nilai jual yang rendah. Kebanyakan WARNET dan Anak-anak MAHASISWA yang memakai jenis Produk INKJET ini. Untuk KANTORAN lebih banyak yang memakai multifungsi agar sesuai dengan kebutuhan akan di Kantor.

Brother-MFC-6490CW

Salah satu PRINTER Inkjet berukuran A3 Multifungsi

2. Printer Laser

fujixerox-CP105b

Salah satu PRINTER dengan teknologi S-LED

Type Printer yang satu ini adalah yang mempunyai speed yang cepat dan stabil. Jenis ini memakai sistem yang hampir mirip dengan Mesin Fotocopy yaitu memiliki daya yang besar dan menggunakan serbuk atau yang biasa disebut dengan toner. Harganya yang relatif mahal dan memiliki biaya perawatan yang lumayan, Printer ini cocok untuk kebutuhan kantor maupun percetakan kecil. Untuk kualitas cetakan dijamin lebih bagus dibanding dengan printer inkjet. Mengingat Daya yang Besar Min 500Watt, anda harus mengecek terlebih dahulu sebelum membeli tegangan listrik yang berada di rumah anda. Printer jenis Laser ini jarang mengalami Trouble, namun kelemahan dari printer ini adalah kurang cocok dengan kertas yang terlalu tipis dan kertas bekas, apalagi kertas yang ada paper clipnya, karena dapat merusak DRUM unit nya. Jika DRUM unit ini rusak maka mempengaruhi hasil cetakan kamu. Untuk teknologi laser ada S-LED, LED, dan konvensional.

3. Printer Dot Matrix

epson_lx300++

Salah satu printer Dot Matrix

Printer Dot-Matrix adalah jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah hal ini disebabkan karena print head printer jenis ini terdiri dari jarum-jarum yang tersusun (sekitar 9-24 pin), nantinya jarum-jarum ini akan “memukul” pita (printer ribbon) sehingga membentuk sebuah karakter pada kertas. Printer jenis dot matrik memiliki kelebihan dari segi harga pita printer yang murah, awet digunakan terbukti dari beberapa printer dot matrik yang pernah saya temui sudah berumur diatas 8 tahun dan printer jenis ini bisa digunakan untuk mencetak kertas rangkap atau continuous form.

Printer jenis ini hanya cocok untuk mencetak dokumen berupa tulisan saja dan umumnya printer dot matrik hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Ketika sedang mencetak, printer jenis ini mengeluarkan suara yang cukup keras yang ditimbulkan dari pergerakkan mekanik dan head printernya. Selain itu meskipun harga pita printernya cukup murah, harga printernya sendiri relatif mahal bila dibandingkan dengan printer jenis inkjet. Biasanya dipakai untuk Bon Penjualan, Surat Jalan dipakai di Pabrik atau Kantoran.

Nah sekian dulu ya penjelasan dari kita.. Mudah-mudahan bermanfaat. Bila ada kekurangan bisa ditambahkan ya.

Sumber : tautanmu.blogspot.com, gudangprinter.com

About infogudang

Berdiri sejak Febuari 2011, didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan PRINTER dan Accesories anda di Rumah, Kantor, Pemerintah, dan lainnya. Menerima kritik dan saran yang membangun, silahkan menginfokan ke email info[at]gudangprinter.com. FB : Gudangprintercom , Twitter : Gudangprinter
This entry was posted in cari tau yuk, Tips & Trik and tagged , , . Bookmark the permalink.