[Review] Printer Label Brother P-Touch PT-90

Proses menandai barang bisa jadi cukup merepotkan, apalagi bila barang yang bersangkutan berjumlah banyak dan harus dibubuhi keterangan spesifik, seperti misalnya folder yang digunakan untuk menyimpan file arsip. Dulu, ada alat praktis bernama label maker/printer yang dapat membantu, namun sekarang alat tersebut sudah agak jarang ditemukan. Nah, apabila Anda sedang mencari label maker, Brother, salah satu penyedia peralatan kantor yang cukup dikenal, menyediakan satu produk pembuat label yang cukup menarik: P-Touch PT-90 Label Maker. Seperti apa tepatnya?

P-Touch PT-90 Label Maker, dalam kemasan.

P-Touch PT-90 Label Maker

P-Touch PT-90 Label Maker.

Perangkat label maker bikinan brother ini berbentuk mirip kalkulator dengan deretan tombol-tombol huruf QWERTY yang digunakan untuk menulis. Sebuah layar LCD monokrom yang menampilkan hasil tulisan terletak di bagian atas. Layout tersebut mirip dengan kebanyakan perangkat sejenisnya. Hanya saja, dengan warna putih dan bentuk yang manis, P-Touch PT-90 Label Maker terlihat lebih casual, tidak kaku seperti kebanyakan peralatan kantor.

Selain unit label maker, di dalam kemasan P-Touch PT-90 Label Maker, Anda juga akan menemukan perlengkapan lain berupa label tape, panduan pengguna, dan dua buah faceplate berwarna hijau dan hitam. Faceplate? Betul, faceplate (bagian berwarna di sekeliling layar LCD) pada P-Touch PT-90 Label Maker dapat diganti-ganti. Walau tak berpengaruh pada cara penggunaannya, hal tersebut membuat P-Touch PT-90 Label Maker terasa lebih bersahabat, terutama untuk pengguna rumahan.

Perlengkapan tambahan yang terdapat di dalam kemasan P-Touch PT-90 Label Maker.

P-Touch PT-90 Label Maker membutuhkan 4 buah baterai ukuran AAA (tidak disertakan) untuk beroperasi. Baterai-baterai tersebut, beserta kaset berisi gulungan label, dipasang di dalam lewat sisi belakang yang dapat dibuka. Prosesnya berlangsung mudah karena Brother menyediakan petunjuk yang cukup jelas di user guide.

Penggunaan

Begitu dinyalakan, layar LCD P-Touch PT-90 Label Maker akan menampilkan sebaris kolom kosong yang  akan menampilkan hasil tulisan pengguna. Dengan kata lain, layar ini menampilkan apa yang akan dicetak di label.

Tampilan layar P-Touch PT-90 Label Maker.

Bermacam-macam design preset tersedia dan dapat dipilih lewat tombol “Deco Mode” yang terletak di deretan atas. Pengguna pun bisa mengostumisasi tampilan label sesuai selera lewat tombol “Fn”. Font tulisan dapat di-boldunderline, italic, bahkan diberi bingkai dalam berbagai macam bentuk. Untuk memasukkan simbol-simbol khusus, seperti simbol mata uang, misalnya, Anda tinggal menekan tombol “Symbol” yang terdapat di samping tombol “Shift” kiri dan memilih simbol yang dikehendaki.

Beberapa parameter lain, seperti panjang label yang akan di-print, juga dapat diatur. Usai mendesain label, cukup tekan tombol “Print” dan pita label pun akan dicetak serta muncul lewat lubang pipih di bagian belakang perangkat ini.

Label yang dicetak muncul dari bagian belakang P-Touch PT-90 Label Maker.
Untuk memotong label, gunakan kenop cutter ini.

Berbagai macam gaya dapat Anda aplikasikan ke label sehingga tampil lebih bervariasi. Jauh lebih baik daripada label bergaya kaku dan membosankan bukan?

Selain label standar berwarna putih, Brother juga menyediakan label dengan warna putih dan hijau sehingga membuka kemungkinan kreativitas yang lebih luas lagi. Lebar diameter pita ada dua jenis, 9 mm dan 12 mm. Bagian belakang label ini terasa sedikit sulit dikupas (untuk menempelkan label ke permukaan barang yang hendak dibubuhi keterangan) karena agak tipis.

Label yang dicetak oleh P-Touch PT-90 tidak dilaminating, tapi dilengkapi dengan lapisan anti-air. Selain itu, karena menggunakan metode direct thermal seperti pada mesin fax (menggunakan kertas yang sensitive terhadap panas), pengguna P-Touch PT-90 tak perlu mengisi tinta untuk mencetak.

 

Kesimpulan

Brother P-Touch PT-90 menambahkan dimensi baru pada alat pencetak label dengan menyertakan kemampuan untuk mendesain sendiri label sesuai dengan keinginan pemakainya. Oleh karena itu, selain untuk penggunaan kantor yang cenderung “serius”, alat ini juga cocok untuk pengguna rumahan yang mencari cara kreatif untuk membubuhi informasi pada barang-barang mereka.

Satu kekurangan kecilnya, label hasil cetakan P-Touch PT-90 sedikit sulit dikupas. Namun, untuk sebagian besar pengguna, hal tersebut sebenarnya bukanlah masalah  berarti. Apalagi, dengan opsi desain kreatif yang disediakannya, label bikinan P-Touch PT-90 dapat digunakan untuk bermacam keperluan (seperti menghias surat, parsel, dsb.), tak hanya untuk memberi keterangan pada folder arsip saja.

Brother P-Touch PT-90 Label Maker

Kelebihan:

  • Mudah digunakan.
  • Menyediakan beragam opsi desain kreatif.

Kekurangan:

  • Label sedikit sulit dikupas.