[Review] Printer Epson K200 (Print, Scan, Copy)

epson-k200Perangkat ini menawarkan beberapa keunggulan dibanding perangkat cetak berbasis laser seperti kecepatan, biaya operasional, dan penggunaan daya yang irit, serta ramah lingkungan.  

Selama ini perangkat cetak seperti printer atau multifungsi bagi kalangan kantoran atau bisnis, identik dengan metode cetak berbasis laser. Epson yang tetap konsisten menghadirkan perangkat cetak berbasisinkjet memutuskan untuk masuk ke segmen bisnis dengan meluncurkan beberapa seri baru andalannya. Salah satunya hadir di meja uji kami yaitu Epson K200. K200 merupakan perangkat di kelas menengah yang memiliki fungsi cetak, copy, dan scan berbasis inkjet monokrom. Featurependukungnya yaitu port ethernet sebagai koneksi jaringan.

Saat peluncurannya Epson mengklaim memiliki beberapa keunggulan yang bisa diandalkan dalam menantang kemampuan printer laser. Di antaranya kecepatan cetak yang tinggi, kualitas prima, biaya operasional yang murah serta ramah lingkungan. Benarkan demikian? Berikut akan kami buktikan dengan uji yang kami lakukan.

Epson K200 memang merupakan perangkat cetak berbasis inkjet monokrom. Biasanya hanya bermodalkan satu cartridge saja, namun K200 menggunakan dua cartridge dengan warna yang sama yaitu hitam. Di sinilah rahasia kecepatan cetaknya. Dua cartridge tadi bekerja bersamaan saat proses cetak dan saling melengkapi sehingga kemampuannya menjadi lebih cepat dua kali lipat dibanding hanya menggunakan satu cartridge. Hal ini memang terbukti . Kami mencatat waktu cetaknya memang layaknya printer laser. Torehan waktunya sekitar 9 detik FPOT untuk dokumen berbasis teks. Ini sudah termasuk proses warm-up yang hanya 2 hingga 4 detik.

Kualitas cetak berbasis teks, grafik dan gambarnya bervariasi. Untuk ukuran jenis inkjet, dokumen teks dan grafik menampilkan hasil yang prima dan akurat, meskipun pada fontterkecil masih dijumpai rembesan tinta khas inkjet. Namun hal tersebut bukan masalah besar karena hanya ditemui pada font kecil berukuran 3 ke bawah. Sementara pada dokumen berbasis foto atau gambar besar, terdapat garis yang selalu ada di bagian tengah. Hal ini tetap muncul meskipun kami sudah mencoba gambar yang berbeda dan melakukan pencetakan menggunakan aplikasi berbeda pula, Sayangnya, hasilnya tetap terlihat meskipun sekilas tidak terlalu jelas.

Biaya operasional bisa terbilang lebih irit. Dengan dua cartridge yang masing-masing dijual Rp200.000 per-cartridge, memang jumlah halaman yang bisa dicetak akan lebih sedikit dibanding satu toner ukuran standar. Namun jika dirata-ratakan, biaya cetak perhalaman Epson akan lebih irit. Dan yang pasti penggunaan daya listrik juga lebih kecil. Sebagai perbandingan, perangkat multifungsi laser biasanya menggunakan daya minimal 300-an watt . Nah Epson K200 hanya menggunakan daya sekitar 15 watt saja.

Dari sisi penggunaan tinta, kinerja printer ini bisa dibandingkan dengan toner yang menggunakan bubuk atau bahan kimia yang menghasilkan limbah lebih besar serta bau tidak sedap saat proses cetak dilakukan. Control panel-nya memiliki tombol fungsi yang sedikit, tanpa tombol scan sehingga proses ini dilakukan sepenuhnya menggunakan bantuan aplikasi. Epson telah menyertakan aplikasi dan driver yang terangkum dalam satu CD. Pilihan untuk mengatur seperti resolusi, jenis format, dan konfigurasi standar lainnya ada di sini. Proses pemindaian dilakukan dengan gegas. Hanya saja setelah instalasi driver dan aplikasi, Anda mesti melakukan restart komputer terlebih dahulu agar perangkat berfungsi dengan benar.

Proses copy pada fungsi foto kopi juga hanya bisa dilakukan melalui control panel. Lagi-lagi keterbatasan tombol membuat perangkat ini tampak kurang fleksibel. Anda hanya bisa melakukan proses copy dokumen secara per halaman dan tidak bisa menentukan jumlah halaman sesuai keinginan. Untuk menutupi keterbatasan ini, Anda bisa menggunakan trik khusus, yakni dengan menekan kombinasi tombol Print yang dibarengi dengan menekan tombol Cancel selama 3 detik. Nantinya secara otomatis, perangkat akan melakukan penggandaan dokumen per-20 lembar.

Melihat hasil ujinya, sepertinya Epson memang siap untuk menantang kemampuan printer laser. Keunggulan yang ditawarkan seperti kecepatan waktu cetak, biaya operasional yang lebih irit, penggunaan daya yang kecil serta kualitas yang bisa bersaing, menjadi alternatif bagi segmen bisnis (yang selama ini identik dengan perangkat cetak berbasis laser).

 

Tabel Uji

Kecepatan cetak

5 lembar

FPOT (1 lembar)

Teks mono (rtf) 24 detik 8 detik
Teks+grafis (pdf) 28 detik 8 detik
Gambar A4 35 detik 13 detik
Kecepatan copy
Teks mono (rtf) 32 detik 10 detik
Teks+grafis (pdf) 30 detik 14 detik
Gambar A4 35 detik 11 detik
Kecepatan scan
Foto A4 (100dpi) 15 detik
Foto A4 (300dpi) 15 detik
Foto A4 (600dpi) 44 detik

 

Spesifikasi Epson K200

Teknologi cetak Inkjet monokrom
Jumlah tinta 2 tangki (black, black)
Resolusi maks 1440×720 dpi
Kapasitas kertas (input/output) 150/50 lembar
Jenis kertas Plain paper
Sebagai Scanner
Teknologi Flatbed CIS
Resolusi (optis/interpolasi) 600×1200/1200×1200 dpi
Kedalaman warna Input 48-bit/output 24-bit
Sebagai Copier
Pengecilan/perbesaran Tidak ada
Resolusi (maks.) 360×360 dpi
Fasilitas copy Standard copy mode
Spesifikasi Umum
Koneksi USB2.0; ethernet 10/100
Dukungan kartu memori Tidak ada
Sistem operasi Windows XP/XP Professional x64 Edition/Vista/7; MacOS 10.4.11 keatas
Bobot 6,1 kg
Dimensi (plt) 44,5×36,3×22,8 cm
Konsumsi listrik 0,3/2,6/4,5/15 watt (off/sleep/ready/active)
Situs Web www.epson.co.id
Harga kisaran* US$234
Harga tinta per-cartridge* Rp200.000

*Epson Indonesia, (021) 572-3161

Epson Setting K200

Cetak bolak-balik
Printer ini mendukung mode cetak bolak-balik serta 2-1 mode dengan beberapa pilihan yang bisa dimodifikasi sendiri.

epson paper jam K200

Paper-jam
Bagian belakang merupakan solusi bagi Anda yang bermasalah dengan kertas macet atau tersangkut.

koneksi epson K200

Koneksi jaringan
Karena menyasar segmen bisnis, disediakan port ethernet.

menu epson K200

Perintah khusus
Control panel hanya menyediakan sedikit tombol fungsi cetak. Keterbatasan ini diakali dengan menekan kombinasi tombol yang ada guna menjalankan perintah khusus.

Rahasia epson K200

Rahasia kecepatan
Dua cartridge dengan warna sama (hitam) akan melakukan proses pencetakan secara berbarengan sehingga menghasilkan waktu cetak yang lebih cepat.

Plus     : Kualitas cetak bagus; kecepatan tinggi; biaya operasional terjangkau; lebih ramah lingkungan; cover belakang berfungsi sebagai solusi paper jam; fungsi duplex dan jaringan.

Minus : Fungsi copy tidak bisa menentukan jumlah halaman sendiri; daya tampung kertas tergolong sedikit; pilihan jenis kertas sedikit.

Photo : PChome.net

Sumber : infokomputer.com