Review Printer BROTHER DCP-J725DW

Tinta Terjangkau

Brother MFC-J725DW

Seri ini mengedepankan fungsinya sebagai perangkat cetak foto rumahan yang memiliki kemampuan cetak bagus nan terjangkau.

Produk ini hadir dengan panel depan yang minimalis. Ketersediaan tombol fungsi hanya berupa tombol Home, Start Mono dan Colour, Stop/Exit, serta tombol power saja. Sementara fungsi lainnya bisa dijalankan melalui menu pada layar LCD berukuran 1,9 inci.

Meski berukuran kecil, layar ini mampu menampilkan preview dari gambar atau foto yang hendak dicetak, khususnya saat menggunakan media flashdisk ataupun kartu memori. Untuk kepraktisan dan kemudahan, layar LCD juga menggunakan fungsi touchscreen.

Selain mampu melakukan fungsi print, scan, dan copy, DCP-J725DW masih dilengkapi feature tambahan antara lain koneksi nirkabel (wireless), cetak secara langsung via port USB dan card reader, juga fungsi duplex. Kegiatan foto kopi sendiri bisa dilakukan menggunakan dua cara, yakni melalui flatbed dan ADF.

Dari sisi kecepatan, ADF memiliki waktu yang lebih cepat. Sebagai perbandingan, kami menggandakan dokumen gambar ukuran A4 melalui flatbed yang mampu dilakukannya dalam waktu 32 detik, sedangkan dari ADF hanya 24 detik saja. Sayangnya fungsi ADF tidak bisa digunakan untuk melakukan pemindaian.

Pencetakan foto via perangkat multifungsi ini menghasilkan warna yang didominasi kemerah-merahan. Hal ini terlihat saat kami mencetak foto dengan modus best. Begitu dilakukan pemindaian menggunakan resolusi 100 dpi hingga 600 dpi, semua lebih didominasi warna cenderung lebih pekat.

Sementara pencetakan dokumen berbasis teks (atau pun gambar hitam dan warna) terlihat presisi. Tidak tampak hasil cetak yang berantakan atau rembesan yang melebar. Semua tampil akurat dan rapi, bahkan hingga font terkecil.

Durasi cetaknya pun terbilang cepat dan bagus. Proses foto kopi juga terbilang baik meski tidak terlalu istimewa. Untuk mendapatkan hasil cetak terbaik pada dokumen berbasis gambar warna maupun foto, Anda mesti memilih pilihan best. Jika hanya menggunakan standar atau high saja, masih dijumpai garis-garis halus yang membentang di antaranya.

—-

Kompak, gesit, hasil cetak lumayan, merupakan keunggulan yang ditawarkan Brother DCP-J725DW. Ini masih ditambah fasilitas WiFi, duplex, serta cetak secara langsung dari flashdisk dan card reader. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, baik perangkat cetaknya maupun setiap cartridge-nya.

Hasil Pengujian

Kecepatan cetak

5 lembar

FPOT (1 lembar)

Teks mono (rtf) 33 detik 13 detik
Teks warna (rtf) 38 detik 13 detik
Teks+grafis (pdf) 1 menit 2 detik 20 detik
Gambar A4 1 menit 38 detik 32 detik
Kecepatan copy
Teks mono (rtf) 1 menit 6 detik 32 detik
Teks warna (rtf) 1 menit 14 detik 36 detik
Teks+grafis (pdf) 1 menit 18 detik 40 detik
Gambar (jpg) 1 menit 24 detik 40 detik
Kecepatan scan
Foto A4 (100dpi) 10 detik
Foto A4 (300dpi) 13 detik
Foto A4 (600dpi) 42 detik

 

Spesifikasi

Teknologi cetak Inkjet warna
Fungsi Print, copy, scan
Resolusi Hingga 1200×6000 dpi
Kapasitas kertas Hingga 100 lembar
Jenis kertas Paper (plain, inkjet, photo); envelopes; transparencies; labels; cards
Sebagai scanner
Teknologi Flatbed CIS
Resolusi (optis/interpolasi) Hingga 1200×2400 dpi /hingga 19200 dpi
Kedalaman warna 24-bit
Sebagai copier
Pengecilan/perbesaran 25 – 400 %
Resolusi (maks.) Hingga 1200×1200 dpi
Fasilitas copy Cetak 2 atau 4 halaman dalam satu lembar, ID copy
SPESIFIKASI UMUM
Koneksi USB2.0, WiFi
Dukungan kartu memori Ada
Sistem operasi Windows, MacOS
Bobot 9 kg
Dimensi (plt) 40,5×37,8×18 cm
Konsumsi daya 0,15/1,3/5,5/18 watt (off/sleep/standby/aktif)
Situs Web http://www.brother.com
Harga tinta (black/color)* @Rp75.000
Harga kisaran* Rp1.590.000

* Brother International Sales; Indonesia, (021) 574-4477

Individual Ink Brother Inkjet

4 warna
Produk ini menggunakan tinta black, cyan, yellow dan magenta, yang ekonomis. Setiap tinta mampu mencetak hingga 600 lembar dengan harga terjangkau.

aplikasi pemindai atau scan

Aplikasi pemindai
Pemindaian menggunakan aplikasi Control Center 4 memiliki fungsi yang lebih lengkap dibanding melalui panel depan karena menyediakan segala pengaturan.

brother layar touchscreen

Profil konfigurasi
Agar tidak repot mengatur ulang, disediakan 3 profil untuk menyimpan konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya.

Plus     : Gegas saat mencetak; harga terjangkau; dukung duplex dan WiFi; aktivasi WiFi secara otomatis dan manual; bisa cetak langsung dari Apple, Android, USB dan card reader; bisa menyimpan hingga 3 profil.

Minus : Cetak gambar warna dan foto cenderung pekat; tidak bisa memindai dari ADF; mesti membuka tray dahulu jika ingin menempatkan kertas.

Sumber : infokomputer.com