Review HP Deskjet Ink Advantage 2060 (K110a)

HP K110Multifungsi Rumahan

Produk ini irit dan hemat berkat penggunaan teknologi Ink Advantage serta konsumsi daya yang hanya sebesar 9 watt saja.

Salah satu tujuan penggunaan teknologi Ink Advantage yaitu guna meredam maraknya penggunaan tinta suntik atau infus. Dengan harga tinta yang terjangkau namun dengan kualitas yang tetap terjaga, diharapkan penggunaan jenis infus akan makin berkurang. Apalagi penggunaan tinta infus semacam itu menimbulkan berbagai risiko dibandingkan menggunakan tinta asli.

Namun, bagi pengguna personal atau rumahan yang sangat peduli akan harga, risiko tersebut akan diabaikan. Mereka akan memilih penggunaan tinta yang murah meskipun akan menimbulkan masalah nantinya.

Bagi segmen semacam itulah, HP Deskjet Ink Advantage 2060 (K110a) ini dihadirkan. Produk ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pengguna dengan aneka fungsi misalnya perangkat cetak, pemindai, dan fotokopi. Teknologi Ink Advantage diklaim lebih hemat sekitar 40% dibanding tinta biasa. Bermodalkan dua cartridge yang terdiri dari tinta  hitam dan warna kombinasi cyanmagenta, dan yellow (tri-colour), Anda bisa menggunakannya untuk mencetak segala jenis dokumen dengan lebih banyak. Namun meski berbasis warna, perangkat multifungsi ini kurang cocok untuk mencetak foto.

Selain driver, telah disertakan pula aplikasi sederhana. Aplikasi ini berguna untuk mengaktifkan fungsi pemindai beserta konfigurasinya. Tidak hanya itu, Anda juga akan menjumpai aplikasi HP yang berisi informasi, konfigurasi, serta penggunaan pemindaian. Dari sini pula pengguna bisa memantau dan melihat kapasitas tinta yang tersedia sehingga bisa memperkirakan penggantian tinta baru.

Jika fungsi pencetakan dan pemindaian hanya bisa dijalankan melalui aplikasi dari Windows, fungsi fotokopi hanya bisa dijalankan melalui tombol panel. Tombol yang terdiri dari penggandaan untuk dokumen warna dan hitam ini mampu melakukan penyalinan hingga 10 lembar. Caranya, pengguna tinggal mengetuk tombol sesuai dengan jumlah halaman yang akan dicetak.

—-

Pengguna yang mencari perangkat multifungsi hemat dan ekonomis bisa mempertimbangkan seri ini. Ini karena perangkat ini hemat dalam menggunakan tinta, memiliki konsumsi daya yang rendah, dengan harga yang terjangkau. Perangkat ini bisa menjadi solusi bagi yang memiliki dana terbatas namun tetap ingin mendapatkan produk berkualitas. Bahkan HP menawarkan garansi 1 to replacement selama satu tahun selama pengguna menggunakan tinta asli. Menarik bukan?

 

Hasil Pengujian

Kecepatan cetak

5 lembar

FPOT (1 lembar)

Teks mono (rtf) 53 detik 13 detik
Teks warna (rtf) 1 menit 19 detik 17 detik
Teks+grafis (pdf) 3 menit 5 detik 41 detik
Gambar A4 8 menit 14 detik 1 menit 15 detik
Kecepatan copy
Teks mono (rtf)

10 detik
Teks warna (rtf)

39 detik
Teks+grafis (pdf)

45 detik
Gambar (jpg)

1 menit 22 detik
Kecepatan scan

Black White

Warna (Tri-colour)

Foto A4 (100dpi) 15 detik 9 detik
Foto A4 (300dpi)

9 detik
Foto A4 (600dpi)

9 detik

 

Spesifikasi

Teknologi cetak Inkjet warna
Resolusi Hingga 600 dpi/4800×1200 dpi (black/colour)
Kapasitas kertas 60/25 lembar (input/output)
Jenis kertas Paper (brochure, inkjet, plain), photo paper, envelopes, labels, cards (greeting), transparencies
Sebagai Scanner
Teknologi Flatbed
Resolusi Hingga 1200/19200 dpi (optis/interpolasi)
Kedalaman warna 24-bit
Sebagai Copier
Pengecilan/perbesaran Tidak ada
Resolusi (maks.) Hingga 600 dpi
Fasilitas copy Stand-alone copying
SPESIFIKASI UMUM
Koneksi USB2.0
Dukungan kartu memori Tidak ada
Sistem operasi Windows XP/Vista/7; Mac OS X v10.5 ke atas
Bobot 3,6 kg
Dimensi (plt) 42,7x47x24,9 cm
Konsumsi daya 0,3/1,2/2,3/9 watt (off/sleep/standby/aktif)
Situs Web www.hp.com
Garansi 1 tahun (1 to replacement)
Harga tinta* Rp88.000 (percartridge)
Harga (kisaran)* Rp799.000

*HP Indonesia, (021) 5799-1088

HP K110a

Panduan lengkap
Aplikasi ini memberikan panduan lengkap mengenai cara penggunaan serta informasi penting lainnya, seperti kapasitas tinta yang ada.

 

 

 

 

K110a fotocopy

Tombol sederhana
Panel ini hanya menyediakan empat tombol fungsi serta indikator berupa dua lampu. Gunanya menginformasikan bahwa tinta akan segera habis.

 

 

 

 

Plus     : Teknologi Ink Advantage; irit penggunaan daya; gegas saat memindai; tombol cancelbekerja responsif; harga lebih terjangkau.

Minus : Kurang gegas saat mencetak.

Sumber  : infokomputer.com

  • Bahril Ilmi

    kalo dikirim ke padang berapaan ongkirnya gan?