[Review] Fujixerox DocuPrint CP105b

fujixerox-CP105b-gudangprinterdotcom

Siapa bilang Fujixerox hanya menghadirkan perangkat cetak bagi korporat saja? Selain menghadirkan mesin cetak dengan bentuk besar, printer keluaran fujixerox juga biasanya mahal karena berbanding lurus dengan kualitas. Tapi kini mereka mulai menawarkan perangkat cetak yang sedikit berbeda dihadirkannya fujixerox DocuPrint CP105b. Tapi dimana perbedaanya?

Meskipun memiliki bentuk yang lebih kecil dan ramping, printer ini tetap menampilkan kualitas cetak prima seperti printer laser kelas korporat.

Perbedaaan mendasar terlihat dari bentuk fisiknya yang tergolong kecil untuk dikelas printer laser warna. Bahkan MURI menetapkannya sebagai printer laser warna terkecil di dunia. Bentuk fisiknya ini berimbas pada ukuran toner yang kecil. Namun ini cukup untuk penggunaan SOHO yang aktivitas cetaknya lebih kecil dibanding korporat.

Rahasia dari bentuk fisiknya yang kecil adalah berkat dipakainya teknologi SLED (Self Scanning Light Emite Diode) yang mulai diterapkan pada jajaran produk terbarunya. Kelebihan teknologi ini yaitu mampu menghasilkan perangkat cetak berbasis laser dengan desain yang kecil dan menghasilkan penggunaan daya listrik yang lebih kecil. CP105b menggunakan toner yang ramah lingkungan karena mampu menurunkan konsumsi energi hingga 20 persen berkat penggunaan EA (Emulsion Aggregation)-Eco toner. Toner yang digunakan juga mampu mengurangi emisi C02 hingga 35% dibanding toner generasi sebelumnya. Satu yang menjadi kekurangan adalah toner yang digunakan. Saat kami buka, bubuk pada toner terlihat sedikit berceceran pada tempatnya.

Sebenarnya perangkat cetak laser berukuran kecil sudah mulai banyak beredar. Hanya saja, khusus untuk Fujixerox hal ini tergolong unik karena selama ini selalu menyasar segmen korporat dengan perangkat berukuran besar. Namun yang paling kami sukai yaitu kualitas cetaknya yang jempolan.

Bersenjatakan prosesor 192Mhz dan memori 64MB, printer ini tergolong “kalem” saat mencetak. Waktu cetaknya memang tidak segesit printer laser kebanyakan. Pengiriman perintah ke printer berjalan agak lambat, untungnya tidak berisik.

Tapi yang paling kami sukai yaitu hasil cetaknya yang didapat. Cetak berbasis teks menggunakan modus BW maupun warna menampilkan hasil yang tajam dan solid hingga font terkecil bisa terbaca dengan jelas dan tetap rapih. Dokumen berbasis gambar, grafik, serta teks ditampilkan secara akurat. Kami mencoba mencetak modus gambar berukuran A4 secara penuh. Ternyata warna-warna yang dihasilkan terlihat cerah dengan gradasi yang halus layaknya foto. Hasil cetaknya memiliki lapisan lilin sehingga lebih tahan lama.

Tabel Uji

Kecepatan cetak

5 lembar

FPOT (1 lembar)

Teks mono (rtf)

41 detik

17 detik

Teks warna (rtf)

42 detik

17 detik

Teks+grafis (pdf)

45 detik

25 detik

Gambar A4

1 menit 12 detik

45 detik

Spesifikasi  FujiXerox DocuPrint CM205b

Teknologi cetak Laser warna
Resolusi 1200×2400 dpi
Memori (shared) 64 MB
Daya tampung keluaran kertas 100 lembar
SPESIFIKASI UMUM
Siklus pakai 20.000 halaman/bulan
Koneksi USB 2.0
Sistem operasi Windows XP / Vista / 7 / Server2003 / Server2008 32-bit dan 64-bit; Mac OS X 10.4.11
Bobot 11 kg
Dimensi (plt) 39×23,4×30,4 cm
Konsumsi listrik
(saver/standby/active)
5/66/285 watt
Kelengkapan -Kabel power  
-Kabel USB
-CD driver
Quick manual
Situs Web http://www.fujixeroxprinters.com/
Garansi 3 tahun
Harga kisaran* Rp2.250.000

Plus     : Hasil cetak berbasis teks maupun gambar memukau, bentuk kecil dan praktis; feature ramah lingkungan; cover belakang untuk solusi paper jam.

Minus : Tidak ada dukungan untuk Linux; waktu copy agak lama; bubuk toner mudah tercecer.

Sumber : Tabloid Info Komputer