[Review] Fujixerox DocuPrint CM205b (Colour Laser Multifungsi)

fujixerox-cm205b

Irit dengan SLED

Perangkat ini memungkinkan pengguna UKM atau rumahan bisa merasakan hasil cetak laser secara terjangkau.

FujiXerox memperkenalkan teknologi SLED (Self-Scanning Light Emite Diode) pada jajaran printer/perangkat multifungsi-nya. Kelebihan SLED adalah mampu menghasilkan kualitas cetak laser dengan desain lebih kecil dengan daya listrik yang juga jauh lebih kecil.

Teknologi inilah yang digunakan pada multifungsi FujiXerox DocuPrint CM205b. Selama ini, perangkat multifungsi laser warna identik sebagai perangkat “wah” karena rata-rata menyasar segmen korporat denganfeature yang lengkap, berukuran fisik besar, dan tentu saja dengan harga yang mahal. Hal inilah yang coba dibantah FujiXerox dengan menghadirkan beberapa perangkat cetak yang mengadopsi teknologi SLED.

Fungsi utama perangkat ini adalah printscan dan copy dalam modus hitam putih dan warna. Tampilan pun dibuat sangat sederhana. Panel depannya terlihat lapang karena sedikitnya tombol fungsi. Anehnya meskipun tidak terdapat fungsi fax, tombol numerik tetap dipertahankan. Ini membuat keberadaan tombol numerik itu tampak mubazir. Ada baiknya tombol tersebut digantikan dengan fungsi lain yang menurut kami lebih bermanfaat. Contohnya tombol energy saver atau tombol menu untuk melakukan konfigurasi secara langsung. Memang tombol menu sendiri sudah disediakan. Namun pengoperasiannya agak merepotkan karena Anda mesti masuk ke pilihan yang lebih spesifik sebelum menemukan fungsi tersebut.

FujiXerox menggunakan toner khusus berukuran lebih kecil, sehingga cocok untuk keperluan cetak yang tidak terlalu besar. Jadi jangan bandingkan dengan perangkat sejenis dengan segmen korporat yang tentu saja bisa mencetak hingga ribuan lembar. Saat kami buka bagian dalamnya, terlihat serbuk toner sedikit tercecer pada bagian wadah toner. Ini membuatnya terkesan berantakan dan tidak rapi. Untung saja hal ini tidak berimbas pada hasil cetaknya.

Kertas macet atau tersangkut merupakan permasalahan yang kerap dijumpai. Nah, CM205b menyediakan solusi mudah untuk mengatasinya. Bagian belakangnya dilengkapi cover yang bisa dibuka tutup. Bentuk dan posisinya memang mirip fungsi cetak bolak balik duplex. Namun ternyata ini merupakan cara untuk mengambil kertas yang tersangkut tanpa perlu repot-repot membongkar bagian dalamnya. Caranya, cukup dengan membuka cover belakang, tekan tombol pengunci yang terdapat pada bagian kiri dan kanan, lalu kertas dengan mudah bisa diambil dengan selamat.

****

Dengan dimensi yang lebih kecil, perangkat multifungsi ini menyasar pengguna yang lebih sederhana seperti UKM hingga rumahan. Feature minimalis merupakan salah satu sebab harga printer ini lebih terjangkau. Karena itu, perangkat ini cocok untuk pengguna rumahan yang ingin merasakan sensasi perangkat multifungsi laser warna berkualitas.

Tabel Uji

Kecepatan cetak

5 lembar

FPOT (1 lembar)

Teks mono (rtf)

38 detik

18 detik

Teks warna (rtf)

38 detik

18 detik

Teks+grafis (pdf)

1 menit 17 detik

34 detik

Gambar A4

2 menit 32 detik

43 detik

Kecepatan copy
Teks mono (rtf)

56 detik

38 detik

Teks warna (rtf)

57 detik

38 detik

Teks+grafis (pdf)

1 menit 38 detik

39 detik

Gambar (jpg)

2 menit 7 detik

37 detik

Kecepatan scan

 

 

Foto A4 (300dpi)

9 detik

Foto A4 (600dpi)

9 detik

Spesifikasi  FujiXerox DocuPrint CM205b

Teknologi cetak Laser warna
Resolusi 1200×2400 dpi
Prosesor 295 MHz
Memori (shared) 128 MB
Kapasitas kertas (total) 150+10 lembar
Daya tampung keluaran kertas 100 lembar
Sebagai SCANNER
Teknologi Colour Flatbed CIS
Resolusi (optikal/interpolasi) 1200×1200/4800×4800 dpi
Kedalaman warna 24-bit
Sebagai COPIER
Pengecilan/perbesaran 25-400 %
Resolusi Hingga 600×600 dpi
Fasilitas copy ID Card Copy, 2-in-1 Copyedge erasecollate(electronic sort)
SPESIFIKASI UMUM
Siklus pakai 20.000 halaman/bulan
Koneksi USB 2.0
Sistem operasi Windows XP / Vista / 7 / Server2003 / Server2008 32-bit dan 64-bit; Mac OS X 10.4.11
Bobot 14,3 kg
Dimensi (plt) 41×38,9,4×31,8 cm
Konsumsi listrik
(saver/standby/active)
7/65/350 watt
Kelengkapan -Kabel power  
-Kabel USB
-CD driver
Quick manual
Situs Web http://www.fujixeroxprinters.com/
Garansi 3 tahun
Harga kisaran* Rp3.100.000

Bukan duplex 
Kertas tersangkut atau macet bukan masalah. Anda tinggal membuka coverbelakang dan membuka penguncinya. Kertas pun langsung terlepas sehingga dengan mudah bisa diambil.

Toner CYMK 
Ukuran toner tergolong pendek karena disesuaikan dengan penggunaan yang lebih sederhana. Ini membuat kapasitas cetaknya tidak sebanyak perangkat sejenis.

Port USB 
Dari sini Anda bisa melakukan proses cetak secara langsung atau menyimpan hasil pemindaian.

Plus     : Kualitas cetak bagus (khususnya berbasis teks); ada port USB di depan; ada coverbelakang untuk solusi paper jam; teknologi SLED yang irit daya dan tempat.

Minus : Tidak ada dukungan untuk Linux; waktu copy agak lama; bubuk toner mudah tercecer.

Sumber : infokomputer.com

Mau order? Langsung aja ke gudangprinter.com