[Review] Canon Pixma MX886 dari Infokomputer.com

canon mx886Dengan koneksi kabel dan nirkabel, perangkat ini bisa dimanfaatkan sebagai printer jaringan. Instalasinya pun bisa dilakukan dengan mudah.

Sebelumnya Canon telah menghadirkan jajaran seri Pixma via MX876. Kini hadir versi terbaru yang memiliki feature tidak jauh berbeda. Lalu apa yang hendak ditawarkannya? Pada dasarnya Canon hendak menegaskan bahwa seri Pixma MX886 merupakan perbaikan dari seri Pixma MX876. Apakah hal ini akan terbukti? Kami sudah menguji keduanya sehingga bisa membuktikan “janji” tersebut.

Jika MX876 memiliki kelemahan kualitas cetak foto yang kurang optimal, pada MX886 terlihat hal tersebut telah diperbaiki. Kami mencetak foto dengan ukuran postcard (4×6 inci) dan juga A4 secara borderless, dengan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan produk sebelumnya. Hasil cetak fotonya mampu menampilkan warna yang akurat serta gradasi yang halus. Cetak berbasis teks terlihat solid dan rapi hingga font terkecil (dengan ukuran 2). Kemampuanfotocopy-nya juga tampil prima. Cetak berbasis teks hingga gambar dengan mode hitam putih serta warna menampilkan hasil berbanding 1:1. Selain menggunakan flatbed, proses  fotocopyjuga bisa dilakukan melalui ADF. Hal ini juga berlaku pada fungsi scanner.

Dari sisi kecepatan cetak, MX886 juga tampil lebih baik. Hal yang patut diketahui bahwa perangkat ini saat mencetak di lembar kesekian akan mengalami jeda. Perangkat akan berhenti sejenak untuk kemudian melanjutkan proses cetak. Hal inilah yang menyebabkan waktu yang kami catat agak berbeda saat kami mencetak dengan modus yang sama. Untungnya, secara keseluruhan masalah ini tidak mengganggu proses cetak.

Panel depan produk ini juga tampil elegan, dinamis, dan serba digital. Anda akan melihat tombol standar mulai dari fungsi CopyScanFax dan Card (untuk mencetak langsung daricard reader). Yang menarik, pada tombol kontrol tidak terdapat teks atau angka. Tapi begitu perangkat difungsikan, angka serta teks pada tombol akan menyala sesuai fungsinya. Bahkan layar LCD berukuran 3 inci full-color bisa menampilkan preview dari file gambar yang hendak dicetak.

Pilihan menu-nya cukup lengkap, mulai dari informasi hingga konfigurasi. Yang menarik, kita bisa mengaktifkan fungsi WiFi secara manual atau otomatis. Bagi yang tidak terlalu mengerti masalah jaringan, bisa memilih secara otomatis untuk mendapatkan panduan.
(Dayu Akbar-Kontributor)

Canon dengan Pixma MX886-nya telah tampil baik dengan segala perbaikan dari seri sebelumnya. Tujuan tersebut tidak sia-sia karena apa yang ditampilkannya cukup memuaskan dari sisi kualitas cetak baik berbasis teks, grafik, hingga foto dengan kualitas terbaik. Anda yang mencari solusi all-in-one dengan feature lengkap bisa melirik seri MX886.

 

Tabel Uji 

Kecepatan cetak 5 lembar FPOT (1 lembar)
Teks mono (rtf) 40 detik 14 detik
Teks warna (rtf) 51 detik 13 detik
Teks+grafis (pdf) 2 menit 0 detik 20 detik
Gambar A4 5 menit 5 detik 1 menit 8 detik
Kecepatan copy
Teks mono (rtf) 35 detik 11 detik
Teks warna (rtf) 56 detik 13 detik
Teks+grafis (pdf) 1 menit 20 detik 23 detik
Gambar (jpg) 2 menit 2 detik 35 detik
Kecepatan scan (flatbed)
Foto A4 (300dpi) 25 detik
Foto A4 (600dpi) 38 detik

 

Spesifikasi Canon Pixma MX886

Teknologi cetak Inkjet warna
Resolusi (black/colour) 9600×2400 dpi
Kapasitas kertas (total) Tray belakang : 150 lembar

Cassete (depan) : 150 lembar

Jenis kertas Kertas A4, label, amplop, foto
Sebagai SCANNER
Teknologi Colour Flatbed CIS, ADF
Resolusi optis/interpolasi 2400×4800/19200×19200 dpi
Kedalaman warna Input 48-bit / output 24-bit
Sebagai FAX
Kecepatan modem Super G3 33,6 Kbps
Resolusi (hitam/warna) 300×300/200×200 dpi
Fasilitas Fax Save faxes in memory to USB, memory transmission, F / T changing(manual), answering machine connectivity, remote reception, redial, caller rejection, fax reception reject, fax number re-entry, check RX fax info
Sebagai COPIER
Pengecilan/perbesaran 25% – 400%
Resolusi (maks.) 1200×1400 dpi
Multiple copy Maks. 99 halaman
SPESIFIKASI UMUM
Koneksi USB 2.0, ethernet 10/100, wirelessdirect print
Dukungan kartu memori CF, microdrive, memory stick duo/pro/micro, mini/micro SD/HC, MMC, xD.
Sistem operasi Windows/Mac
Bobot 11,8 kg
Dimensi (plt) 49,1×43,7×22,6 cm
Konsumsi listrik (aktif/standby/off) 23/2,5/0,4 watt
Situs Web http://www.canon.co.id
Harga kisaran* Rp3.500.000

 * Datascrip, (021) 654-4515, Minggu pertama Mei 2011

tinta canon 5 warna

Lima tinta
Canon menggunakan lima jenis tinta untuk memenuhi kebutuhan cetak berbasis dokumen serta foto. Tujuannya untuk mendapatkan detail warna yang lebih baik.

control panel canon pixma

Serba digital 
Tombol kontrol akan aktif sesuai dengan fungsinya yang ditampilkan secara digital, terutama saat berfungsi sebagai faksimili yang menampilkan angka-angka.

cetak dari media card

Cetak langsung 
Via menu ini Anda bisa mencetak secara langsung. Namun sebelumnya, akan ditampilkan preview gambar secara full-color pada layar LCD.

Plus     : Kualitas cetak foto dan dokumen hitam dan warna bagus; teknologi cetak foto tahan lama; LCD warna dan informatif; dua port jaringan (wired dan wireless); dukung direct printmelalui USB dan pembaca kartu memori; konfigurasi WiFi mudah.

Minus : Tidak disertakan aplikasi untuk mencetak foto; jeda saat cetak membuatnya agak lama.

Skor Penilaian
– Kinerja            : 4,25
– Fasilitas          : 4,5
– Kemudahan    : 4
– Harga              : 3,5
– Skor total        : 4,13

sumber : infokomputer.com