[Review] Brother MFC-8880DN

Dari jaman mesin fotokopi ditemukan hingga sekarang, kita tidak pernah bisa lepas dari kemampuan ajaib dari mesin ini untuk dapat men-duplikasi setiap file yang kita butuhkan. Dengan semakin majunya teknologi, tentunya semakin maju pula kemampuan dari mesin fotokopi untuk mengerjakan beberapa kemampuan sekaligus, mulai dari print, fax dan fotokopi itu sendiri. Untuk urusan ini, siapa yang tidak kenal Brother, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1954. Dengan tetap berproduksi selama puluhan tahun dapat memberikan kita sedikit gambaran mengenai bagaimana kualitas dari produk besutannya, dan salah satu produk besutan Brother yang cukup menarik perhatian kami ialah printer multifungsi Brother MFC-8880DN.

mfc-8880dn

MFC-8880DN

Brother MFC-8880DN dibanderol dengan harga 8 jutaan, dan mengenai desain sepertinya Brother masih tetap menggunakan desain yang sama, sekilas sangat mirip dengan tipe MFC-8860DN, hanya terdapat sedikit permainan warna antara MFC-8880DN dan MFC-8860DN. Brother MFC-8880DN dapat melakukan cetak monochrome saja, tetapi bagi Anda pemilik usaha yang tidak memerlukan kemampuan cetak warna, tentunya kemampuan cetak monochrome sudah jauh dari cukup untuk menjadi partner usaha Anda.

Printer multifungsi ini menawarkan beberapa fitur menarik seperti tersedianya slot USB dimana Anda dapat langsung melakukan print langsung dari flashdisk, bahkan hasil dari scan pun dapat langsung ditransfer ke dalam flashdisk dengan mudah. Selain itu juga terdapat port koneksi Ethernet, Parallel dan fitur menarik seperti 33.6 kbps fax yang dapat menyimpan sampai 300 nomor speed dial.

Dibalik semua fiturnya yang menggiurkan, sayangnya pengontrolan dari printer multifungsi ini sedikit membingungkan. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan produk Brother ini mungkin perlu adanya sedikit penyesuaian, dengan dibantu buku manual ditangan Anda sampai Anda benar-benar akan terbiasa dengan operasional nya. Sebagai contoh, bagi Anda yang sudah terbiasa dengan tombol “OK” ketika akan melakukan perintah, pada Brother “MFC-8880DN” Anda harus menekan tombol “tanda panah”, bagi yang belum terbiasa tentunya hal ini sedikit membingungkan. Tetapi serunya, Anda dapat berpindah fungsi dari copy, scan dan fax tanpa harus mengakses menu utama yang sedikit memakan waktu.

Brother MFC-8880DN dapat melakuan scan dari sambungan LAN, flashdisk, e-mail atau dari FTP server. Printer multi fungsi ini juga dapat melakukan scan ke dalam format JPEG, XPS, PDF dan secure PDF. Dan Anda juga dapat melakukan proses OCR (Optical Character Recognition) melalui komputer yang sudah tersambung dalam network. Fitur ini berfungsi untuk merubah hasil scan Anda ke dalam teks yang dapat diedit.

Brother MFC-8880DN menawarkan kemampuan untuk melakukan scan dari ukuran standard sampai high quality 1200dpi. Ketika dilakukan scan dengan kualitas 1200dpi, hasil yang didapat sangat detail dan jernih. Pada proses pencetakan, hasil monochrome yang didapat juga sangat baik.

Sebagai kelas printer multifungsi, Brother MFC-8880DN menunjukan performa yang sangat maksimal, fitur-fiturnya mulai dari adanya slot USB sampai dapat bekerja layaknya mesin fax merupakan keunggulan yang patut dipertimbangkan. Kinerjanya sebagai printer, fotokopi dan scan pun sangat dapat diandalkan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memilih Brother MFC-8880DN untuk menjadi partner usaha Anda. (Fajrie)