[Review] Brother HL-2130

Ramah lingkungan dan terjangkau

Brother HL-2130Selain mampu mencetak dengan kecepatan tinggi,feature hemat energi yang ada pada perangkat ini mampu meminimalkan penggunaan daya.

Brother HL-2130 menawarkan kemampuan serta keandalan printer laser monokrom dengan harga terjangkau. Bentuk fisiknya yang kompak ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan perangkat cetak gegas. Perangkat ini mampu mencetak lebih banyak dibandingkan printer inkjet.

Berbagai feature penghematan telah diadopsi perangkat ini. Salah satunya toner saving yang menghemat penggunaan toner (terutama saat hanya digunakan untuk mencetak dokumen berbasis teks). Begitu pula dengan pilihan paper saving yang menyediakan pilihan cetak N in 1 atau mencetak beberapa halaman dalam 1 lembar. Tidak ketinggalan ada feature duplex untuk mencetak bolak-balik.

Karena printer laser menggunakan daya listrik yang tegolong besar, Brother akan menurunkan penggunaan daya perangkat saat sedang tidak digunakan. Secara otomatis, perangkat akan berada dalam posisi “tidur” (idle) setelah sekian menit tidak digunakan. Nah, dalam posisi ini penggunaan daya akan turun sehingga lebih hemat. Jika dalam posisi mencetak dipakai daya maksimal hingga 421 watt , dalam posisi idle ini daya yang diperlukan berada pada kisaran 0,8 watt saja.

Di panel depan terdapat empat lampu indikator dari Toner, Drum, Error, dan Ready yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Untungnya, di situ ditampilkan informasi yang cukup jelas mengenai fungsi dari setiap indikator sehingga memudahkan pendeteksian atau pemantauan aktivitas perangkat.

Layaknya printer laser, kemampuan cetak perangkat ini dari sisi kecepatan waktu tidak diragukan lagi. Untuk mencetak dokumen berbasis teks standar, hanya dibutuhkan waktu sekitar 8 detik (jika dilakukan tidak dalam keadaan idle). Saat posisi idle, perangkat membutuhkan waktu untuk “bangun” sekitar 10 detik.

Brother memberikan pilihan yang berbeda jika Anda hendak mencetak dokumen berbasis teks atau gambar. Pilihan Text disarankan untuk mencetak dokumen berbasis teks, sedangkan pilihan Graphics bisa dipilih jika Anda ingin mencetak dokumen berbasis gambar atau grafik. Sayangnya saat kami uji, hanya terdapat sedikit perbedaan di antara keduanya. Ini karena kualitas cetak Graphics hanya ditingkatkan sedikit sehingga hasilnya tidak signifikan.

——–

Jika kebutuhan cetak Anda cukup banyak tapi terkendala dengan harga printer laser yang cukup mahal, Brother HL-2130 merupakan pilihan yang bisa dilirik. Salah satu keunggulannya yaitu gegas saat mencetak dengan feature hemat khas printer laser. Ini merupakan salah satu daya tarik yang cukup menarik.

 

Hasil Pengujian

Kecepatan 5 halaman 1 halaman (First Print Out Time)
Teks mono 20 detik 8 detik
Teks+grafis (PDF) 25 detik 13 detik
Gambar A4 (JPG) 23 detik 10 detik
Mono dari idle - 10 detik

 

Spesifikasi

Metode cetak Laser monokrom
Resolusi 600×600/ 2400×600 dpi (optis/maks.)
Memori 8 MB
Interface USB 2.0
Dukungan jaringan Tidak ada
Maks.cetak 1 toner Hingga 700 halaman
Sistem operasi Windows; Mac OS X; Linux
Paper input/output 250/100 lembar
Ukuran kertas A4, Letter, B5 (ISO/JIS), A5, B6 (ISO), A5(Long Edge), A6, Executive, Legal, Folio
Dimensi (plt) 36,8×18,3×36 cm
Berat 6,4 kg
Konsumsi listrik 0,8/62/421 watt (idle/ready/aktif )
Kelengkapan Manual, Kabel power, Kabel USB, CD
Garansi 3 tahun
Situs Web http://www.brother.com
Harga (kisaran)* Rp790.000
Harga toner* Rp250.000

* Brother International Sales Indonesia, (021) 574-4477; ECS Indo Jaya, (021) 6231-2893

Banyak fungsi
Meski hanya bermodalkan satu tombol GO, perangkat ini memiliki banyak fungsi. Anda juga bisa melakukan print test secara langsung meski tidak terhubung ke PC.

Dokumen gambar 
Brother memberikan opsi peningkatan kualitas saat hendak mencetak dokumen berbasis gambar. Tujuannya untuk mendapatkan kualitas cetak mono yang lebih tajam.

Solusi paper-jam 
Paper jam bukan menjadi masalah berkat solusi “pintu belakang”. Solusi ini memudahkan pengguna menarik kertas yang tersangkut.

Plus     : Kemampuan cetak gegas; solusi paper-jam; fungsi lampu LED informatif; beragamfeature hemat dan ramah lingkungan; tidak berisik; harga terjangkau; dukung Linux.

Minus : Hasil cetak kertas melengkung.

Sumber : infokomputer.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>