Teknologi Printer Inkjet Cetak Sel Surya

teknologi surya cell

Tenaga surya akan makin terjangkau, seiring temuan terbaru dari para ilmuwan yang membuat sel surya dengan teknologi serupa cara printer mencetak foto. Demikian hasil pengembangan yang dilakukan Para peneliti dari Oregon State University, AS.

Tim peneliti menggunakan chalcopyrite, material yang terdiri dari tembaga, indium, gallium dan selenium yang juga dikenal sebagai CIGS. Material ini memiliki efisiensi surya yang lebih besar dibanding silikon, bahan yang selama ini digunakan untuk membuat panel surya.

Chalcopyrite kemudian dicetak di permukaan sel, dengan teknik yang mirip digunakan di printer inkjet. Teknik ini diperkirakan mampu menghasilkan sel surya dengan efisiensi 5 persen, dan di kemudian hari akan lebih ditingkatkan lagi hingga mencapai efisiensi 12 persen agar dapat sehingga bisa dikomersialkan.

“Kami membuat sel surya CIGS dengan metode printer inkjet yang murah di bawah kondisi normal,” ungkap Wei Wang, salah seorang peneliti. Dia juga menambahkan bahwa nyaris tidak ada material yang terbuang dari proses ini–tidak seperti metode lain yang lebih mahal karena melewati tahap menguapan.

Sumber : kompas.com