Review HP Deskjet Ink Advantage 2520hc

Printer Inkjet All in One

Mau punya PRINTER ALL in ONE dengan kapasitas Catridge Original Besar dan Murah?

HP 2520 HC bisa jadi pilihan. Dengan didukung kapasitas catridge Black 1500 halaman dan Warna 750 halaman masing-masing harga catridgenya hanya Rp. 99.000 maka HP kembali mengukuhkan printer IRIT dan MURAH.

High Capacity

Dengan mengusung nama hc (high capacity), seri ini menegaskan kemampuannya mencetak dalam jumlah yang lebih banyak. Ini dicapai berkat kapasitas tintanya yang lebih besar.

HP memperbarui jajaran perangkat cetaknya dengan menghadirkan Deskjet Ink Advantage 2520hc. Masih mengandalkan featurehemat penggunaan tinta, produk ini tampil dengan bentuk fisik yang lebih modern. Contohnya, tampilan panel kontrolnya kini lebih bergaya digital.  Selain itu, kinerja mencetak, memindai, dan menggandakan dokumen juga lebih baik.

Memanfaatkan teknologi Ink Advantage, Anda akan mendapati penggunaan tinta yang lebih irit dan hemat. Bahkan kapasitas tangki tinta hitamnya disediakan lebih besar dibandingkan tinta warna. Hal ini disebabkan kebutuhan cetak berbasis teks lebih tinggi dibandingkan berbasis warna. Meskipun hanya menggunakan dua tangki tinta, Anda bisa mencetak foto dengan hasil yang memuaskan. Pastikan untuk memilih kualitas cetak best dengan kertas foto untuk mendapatkan hasil maksimal.

Fungsi pemindai bisa diakses melalui tombol panel tanpa bantuan aplikasi. Pengguna tinggal menekan tombolnya dan hasilnya akan langsung tersimpan pada folder. Meski demikian tetap dimungkinkan melakukannya melalui aplikasi bawaan. Untuk mengatur konfigurasi resolusi, format file, dan lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi HP Printer Assistant. Sementara fungsi pengganda hanya bisa dilakukan melalui control panel. Jika ingin mencetak beberapa lembar dokumen, Anda cukup menekan tombol beberapa kali sampai angka pada layar LCD sesuai dengan jumlah dokumen yang akan dicetak. Namun, proses pencetakan dibatasi hanya 19 lembar per pengoperasian.

Salah satu yang menyenangkan dari perangkat cetak berbasis inkjet adalah penggunaan dayanya terbilang hemat. Produk ini bahkan hanya mengkonsumsi daya listrik maksimal sebesar 10 watt . Karena itu, perangkat ini sangat sesuai bagi pengguna rumahan.

HP juga menyertakan berbagai perkakas pendukung yang berisi segala informasi seputar perangkat tersebut. Aneka informasi ini mencakup konfigurasi, maintenance, bantuan, serta pengoperasiannya. Disertakan pula tautan untuk memanfaatkan aplikasi cetak foto yaitu HP Photo Creations yang sayangnya mesti diunduh sendiri.

Pengguna rumahan memang lebih sensitif dalam hal harga, baik dari sisi harga perangkat maupun biaya operasional. Karena itulah HP Deskjet Ink Advantage 2520hc hadir dengan solusi terjangkau. Perangkat ini mampu mencetak dalam jumlah besar dan irit tanpa mengorbankan kualitas cetak. Bahkan Anda tetap bisa mencetak foto dengan kualitas terbaik dengan dua tangki tinta saja.

HASIL PENGUJIAN

Kecepatan cetak

5 lembar

FPOT (1 lembar)

Teks mono (rtf) 49 detik 14 detik
Teks warna (rtf) 1 menit 16 detik 18 detik
Teks+grafis (pdf) 2 menit 52 detik 36 detik
Gambar A4 3 menit 45 detik 1 menit 5 detik
Kecepatan copy
Teks mono (rtf) 50 detik 16 detik
Teks warna (rtf) 2 menit 29 detik 34 detik
Teks+grafis (pdf) 3 menit 48 detik 47 detik
Gambar (jpg) 3 menit 52 detik 47 detik
Kecepatan scan
Foto A4 (100dpi) 10 detik
Foto A4 (300dpi) 20 detik
Foto A4 (600dpi) 10 detik

Spesifikasi

Teknologi cetak Inkjet warna (HP thermal inkjet)
Resolusi Hingga 600×300 dpi/4800×1200 dpi (black/colour)
Kapasitas kertas 60/25 lembar (input/output)
Jenis kertas Paper (brochure, inkjet, plain), photo paper, envelopes, labels, cards (greeting), transparencies
Sebagai scanner
Teknologi Flatbed
Resolusi Hingga 1200/19200 dpi (optis/interpolasi)
Kedalaman warna 24-bit
Sebagai copier
Pengecilan/perbesaran Fit to page
Resolusi (maks.) Hingga 600×300 dpi
Fasilitas copy Stand-alone copying hingga 19 lembar
Spesifikasi Umum
Koneksi USB2.0
Dukungan kartu memori Tidak ada
Sistem operasi Windows XP/Vista/7; Mac OS X v10.5 keatas
Bobot 3,6 kg
Dimensi (plt) 43,1×43,8×25,1 cm
Konsumsi daya 0,3/1,3/2,3/10 watt (off/sleep/standby/aktif)
Situs Web http://www.hp.com
Garansi 3 tahun
Harga tinta* Rp99.000 (per cartridge)
Harga (kisaran)* Rp1.370.000

* HP Indonesia, (021) 5799-1088

Plus     : Teknologi Ink Advantage (cetak lebih banyak dan lebih hemat); penggunaan daya irit; hasil cetak foto bagus; pemindaian bisa langsung dari panel kontrol; tombol cancel bekerja responsif; panduan lengkap; harga lebih terjangkau.

Minus : Aplikasi HP Photo Creations mesti diunduh sendiri; hanya bisa menggandakan dokumen sampai 19 halaman per pengoperasian.

Sumber : infokomputer