[Realese] Brother kenalkan Printer Inkjet Multifungsi Kaya Fitur (DCP-J725DW, MFC-J430W, MFC-J625DW)

Brother meluncurkan tiga inkjet multifungsi dengan integrasi teknologi augmented reality yang ditujukan bagi usaha-usaha kecil.
Ketiga inkjet itu yakni DCP-J725DW, MFC-J430W, dan MFC-J625DW. Mereka disebut inkjet multifungsi karena punya empat fungsi dalam satu perangkat, yakni mencetak (print), memindai (scan), fax, dan menyalin (copy). Dengan automatic document feeder memungkinkan pengguna melakukan empat fungsi itu dalam satu waktu. Ketiga model inkjet ini pun memiliki kecepatan mencetak sesuai ISO, yakni 12 halaman per menit.
Pengguna pun bisa menghemat jumlah kertas karena ketiga inkjet tersebut dapat mencetak dua sisi kertas secara otomatis. Dengan begitu, inkjet yang diluncurkan PT Brother International Sales Indonesia ini tidak hanya berfungsi banyak, melainkan juga menghemat waktu dan kertas.
“Produk terbaru kami memungkinkan kenyamanan penggunaan dan efisiensi bagi pengguna di rumah dan kantor,” tutur Presiden Direktur PT Brother International Sales Indonesia Yuichi Suzuki di Jakarta hari ini.
Sales and Marketing Manager PT Brother International Sales Indonesia Deny Santosa memaparkan pengguna dapat mencetak dokumen atau foto dari aplikasi iPrint&Scan Brother yang tertanam dalam perangkat mobile Apple yakni iPhone dan iPad serta Android. Android yang tertanami aplikasi ini minimal Android 2.1 dan tidak di dalam Android 3.0 ke atas.
Semua model inkjet terbaru ini dilengkapi kemampuan wireless yang berguna menghubungkan multi-function centre (MFC) dengan banyak pengguna di rumah atau kantor.
“MFC ini dapat terpasang ke 25 pengguna dengan jarak pakai antara inkjet dengan pengguna 300 meter tanpa hambatan,” katanya.
Ketiga produk punya spesifikasi berbeda. DCP-J725DW dan MFC-J625DW memiliki fungsi mencetak, memindai, menyalin, mencetak foto langsung, mencetak dua sisi, dan terhubung nirkabel. Dengan memori masing-masing 64MB, kedua model itu memiliki layar sentuh berwarna ukuran 1,9 inch dan LCD dengan control sensitif layar sentuh. Sedangkan, MFC-J430W hanya mencetak, memindai, menyalin, dan mampu terhubung nirkabel. Memorinya 40 MB dengan LCD berwarna 1,9 inch.
Dari sisi kecepatan mencetak, DCP-J725DW dan MFC-J625DW mampu hingga 12/10 ppm, sedangkan MFC-J430W 10/8 ppm. Ketiganya memiliki resolusi hingga 1.200 x 6.000 dpi.
Untuk resolusi pindai, ketiganya mengandung optikal hingga 1.200 x 2.400 dpi dan interpolated sampai 19.200 x 19.200 dpi. Model DCP-J725DW, MFC-J430Q, dan MFC-J625DW mengusung Augmented Reality (AR) yang diklaim kali pertama di Indonesia.
Dengan kemudahan download aplikasi Brother AR dari App Store dan memberdayakan promosi kreatif inkjet, pengguna dapat merasakan fungsionalitas MFC secara virtual.
Download aplikasi
Menurut Suzuki, konsumen saat ini lebih cerdas teknologi dan lebih peka akan informasi, meski mereka tengah bepergian.
“Dengan aplikasi ini, konsumen tidak hanya mendapat gambar produk tiga dimensi dan 360 derajat tapi memanfaatkan pelbagai fungsi seperti mencetak dan memindai,” paparnya.
Aplikasi baru yang dapat di-download dari perangkat iPhone, iPad, dan Android akan menciptakan inovasi pembelian bagi pelanggan. Deny mengatakan aplikasi ini sangat sesuai bagi divisi marketing.
Pengguna dapat menyaksikan produk dalam format 3D dan mempelajari lebih lanjut fitur utama dalam mode animasi lewat aplikasi pada brosur dan poster di toko-toko.
Alternatif lain, pengguna dapat mencetak salinan iklan dengan men-download dari situs Brother. Dalam menghadirkan konsep AR sebagai metode pemasaran baru,  Brother telah bermitra dengan pengembang metaio dan Dante Technologies.
Brother melego DCP-J725DW, MFC-J430W, dan MFC-J625DW berturut-turut seharga Rp1,59 juta, Rp1,39 juta, dan Rp1,79 juta.
Ketiga model ini melengkapi enam unit printer keluaran Brother sebelumnya. Tak hanya meluncurkan inkjet model baru, Brother juga mengeluarkan empat model tinta hasil tinggi berharga murah. Sebuah model berharga Rp75.000 dapat mencetak sekitar 600 halaman.