[News World] Fuji Xerox Razia Toner Palsu Senilai Rp 1,7 Miliar

Fuji-Xerox-Toner-Cartridge

Fuji-Xerox-Toner-Cartridge

Fuji Xerox Printer Channel berhasil menyita toner palsu Fuji Xerox senilai USD 200.000 atau setara dengan Rp 1,7 miliar (USD 1 = Rp 8.500) setelah melakukan inspeksi di dua pabrik di China dan Thailand.

Operasi penyitaan toner palsu ini adalah hasil kerjasama tim investigasi dan hukum yang ditunjuk oleh Fuji Xerox Printer Channel dan melibatkan kerjasama petugas bea cukai serta aparat penegak hukum dari berbagai negara.

Organisasi yang menyediakan barang palsu dari China dan Thailand tersebut kini menghadapi ancaman sanksi denda yang besar serta ancaman tuntutan pidana.

“Pemalsuan toner kartrid akan memberikan dampak pada keseluruhan industri percetakan. Fuji Xerox Printer Channel berkomitmen untuk menanggulangi masalah penting ini,” kata James Henderson, Presiden dari Fuji Xerox Printer Channel dalam keterangannya, Jumat (17/6/2011).

“Korban utama dari kejahatan ini adalah pelanggan yang bermaksud untuk membeli produk Fuji Xerox yang asli, tetapi menerima produk alternatif yang berkualitas buruk. Dengan memberitakan informasi mengenai inspeksi terbaru ini, kami dapat memastikan bahwa pelanggan dan mitra bisnis kami akan memahami resiko dari membeli produk palsu,” lanjutnya.

Operasi pemalsuan di China terdeteksi setelah penyelidik mengidentifikasi sebuah pabrik lokal yang memproduksi kartrid palsu Fuji Xerox. Lebih dari 60 orang dipekerjakan oleh para pemalsu untuk memproduksi toner palsu, yang dijual baik di pasar domestik dan international.

Operasi pemalsuan di Thailand terdeteksi setelah dilakukannya investigasi mendalam oleh tim Fuji Xerox. Sebuah regu yang terdiri dari 18 orang menginspeksi pabrik tersebut dan menemukan barang palsu di seluruh gedung.

“Pada bulan terakhir saja Fuji Xerox telah terlibat dalam lima inspeksi besar di Thailand dan China, menyita produk palsu senilai lebih dari USD 1 juta,” imbuh James.

“Tindakan inspeksi terakhir telah berhasil menutup produsen utama toner kartrid palsu dari wilayah Asia Pasifik dan telah mencegah produk palsu dengan volume besar masuk ke pasar lokal, yang akan merugikan mitra dan pelanggan strategis kami,” pungkasnya.

Sumber : detikinet.com