Inspirasi Bisnis Mobile Fotocopy dan Printing

Sekarang untuk memulai bisnis fotocopy tidak harus dengan mesin yang besar, mesin yang kecil pun dapat menjadi salah satu alternatif untuk bisnis printing dan fotocopy.

Nah sedikit share dari agan di kaskus ni..

Sekedar sharing Ide usaha yang pernah ane jalanin dulu sekitar bulan Maret 2011..

Jadi waktu itu ane disuruh kakak buat ngurus surat2 motor (Mutasi dari surabaya ke malang).. kebetulan waktu itu lagi pemutihan jadi biaya denda dan biaya balik nama di hapuskan. Syarat wajib untuk mengurus surat2 motor yaitu Fotocopy BPKB,STNK,KTP,dll. Langsung aja ane berangkat ke Samsat, tanpa membawa fotocopyan dari rumah karena mengira pasti diSamsat sudah menyediakan jasa Fotocopy.
Perkiraan ane meleset, didalam Samsat tidak menyediakan jasa Fotocopy jadi ane mesti fotocopy diluar samsat. Setelah tanya kesana kemari ternyata tempat fotocopy tersebut jauh (sekitar 150m). terpaksa jalan kaki kesana walau jauh. Dan ternyata sewaktu sampe disana.. buset rame bgt, ngantri kya orang ngantri sembako di pasar gitu.. hehehe.. dan yang lebih gila lagi ane mesti bayar 12rb buat bayar biaya fotocopy. 4x BPKB + 4xSTNK + 6x KTP.. kurang ajar bgt ne memanfaatkan peluang,mentang2 ane yang butuh, mahal bgt tuh 12rb, ya terpaksa ane bayar walaupun sambil ngomel2.

Perjalanan balik ke Samsat jalan kaki sambil mikir, hmm kayanya bisa dijadiin usaha ne. dan setelah selesai ngurus surat2 motor, sesampainya dirumah masih aja kepikiran gimana caranya buka fotocopy yang dekat dengan Samsat, jadi gak perlu jalan jauh.. Setelah survey selama seminggu akhirnya ane nekat bikin inovasi baru yang mungkin belum terpikirkan oleh masyarakat umum.. hehehe Ogirinal idea

berikut penampakan hasil nya

fotocopy

fotocopy keliling

Sparepart yang bisa jadi acuan untuk bikin bisnis ini..

batu baterai aki

Brother DCP-J125

hmmm… modal
Modalnya cuman nekad aja ne gan.. hehehe

mesin printer multifungsi Brother DCP – J125 seharga 1.250.000 (udah termasuk modif tinta)
pemotong kertas seharga 150.000
baterai 12V 7Ah (panasonic) @ 115.000 (Ane beli 2 buat spare)
Inverter 500w seharga 300.000
kayu buat bikin kotak (ane bikin sendiri) seharga 150.000
payung pelangi ukuran medium seharga 115.000

apalagi ya… hmmm…
kertas 1 rim merek Epaper paling murah ne seharga 24.000
materai 6000
kwitansi 2000
dll

Kendala utama yaitu SATPOL PP , secara kita maennya khan seperti pedagang kaki lima gitu gan.. gila gak menghargai banget tuh SATPOL PP ama IDE KREATIF maen usir2 gitu aja… 

Pertama kalinya tuh di indonesia.. hehehe sampe ane pas awal2 jualan langsung diserbu pada nanya2 gitu terheran2 kok bisa fotocopy pake motor..
dan hasilnya adalah gak lama setelah ane sukses, langsung aja ada yang niru sebelahan ama ane.. (kurang ajar bgt tuh plagiat gak minta ijin ama ane langsung bikin2 kya gitu).. hehehe

Sumber : kaskus.us