IBM: Era PC / Komputer akan Berakhir

Era PC (personal computer) diprediksi akan berakhir. Bukan sembarang orang yang mengatakannya. Ia adalah Mark Dean, Chief Technology Officer IBM yang juga salah satu legenda di dunia komputer.

Mark Dean merupakan salah satu teknisi yang dulu mendesain PC IBM original yang melegenda. Menurut Dean, era post PC sedang berlangsung saat ini dan akan tiba saatnya perangkat tersebut jadi teknologi antik.
IBM sendiri yang tahun ini genap berusia 100 tahun berandil penting dalam perkembangan industri PC. Namun menurut Dean, IBM sudah memprediksi akan berakhirnya zaman PC kala mereka menjual divisi PC-nya ke Lenovo tahun 2005.

“Komputer primer saya sekarang adalah tablet. Ketika saya dulu membantu mendesain PC, saya pikir saya tidak akan hidup lebih lama untuk melihat penurunan popularitasnya,” tulis Dean dalam blog yang detikINET kutip dari eWeek, Jumat (12/8/2011).

Dean mengakui PC masih akan digunakan banyak orang. Namun dengan tanda-tanda penurunan saat ini, Dean memprediksi nasib PC nantinya akan sama seperti mesin ketik atau kaset. Orang lebih tertarik dengan perangkat komputer yang memungkinkan dipakai di mana saja seperti tablet atau smartphone.

Pernyataan mengenai berakhirnya zaman PC sebelumnya sudah didengung-dengungkan berbagai pihak. Seperti CEO Apple, Steve Jobs yang belum lama ini mengatakan era PC akan digantikan oleh smartphone dan tablet.

Namun demikian, beberapa pihak tidak setuju bahwa PC akan kehilangan masa jayanya. Seperti Intel yang menggarisbawahi penjualan laptop masih meningkat. Mereka juga baru saja memperkenalkan konsep ultrabook, sebuah laptop tipis dan ringan.

Menurut data Gartner, penjualan PC memang tumbuh, namun lebih kecil angkanya dari perkiraan karena konsumen banyak yang memilih tablet dan smartphone. Di Juli 2011, pertumbuhan penjualan PC dunia mencapai 2,3 % dari perkiraan yang sebesar 6,7%. Pertumbuhan itu juga lebih lambat dari tahun sebelumnya.

Sumber : Detik.com