Cara Baru Mengenali Catridge Palsu HP Printer

Catridge Tinta HP Asli

Catridge Tinta HP Asli

Pembeli cartridge printer Hewlett-Packard (HP) kini semakin dimudahkan untuk membedakan cartridge asli dengan yang palsu hanya dari kemasannya.

Dalam empat tahun terakhir, tim anti pemalsuan yang dibentuk HP menemukan 20 juta cartridge palsu beredar di pasar.

Ironisnya, banyak pembeli yang tidak menyadari bahwa cartridge yang dibelinya bukan asli produksi HP maupun produk daur ulang.

Menindaklanjuti temuan tersebut, dalam event HP Innovation for Impact yang digelar di Kerry Hotel Pudong, Shanghai, China (8/9/2011), HP memperkenalkan penambahan security label yang dapat dikenali hanya dari kemasan cartridge.
Dijelaskan oleh Karine Tan, dari Supplies & Product HP, kini ada dua tanda untuk mengenali apakah cartridge yang Anda beli asli atau palsu.

Pertama, cartridge asli dilengkapi kode dengan teknologi QR. Akan ada tulisan ‘OK’ dan ‘v’ (tanda centang) yang tampak apabila Anda menggoyangkan kemasan ke kiri-kanan atau depan-belakang dan sebaliknya.

Kedua, cartridge yang asli dilengkapi dengan nomor serial tertentu. Nomor kode ini juga bisa diverifikasi di alamat URL yang tertera di kemasan. Seperti ini contohnya.

Selain itu Anda juga bisa mengecek keasliannya melalui barcode yang terdapat di kemasan Bagi pengguna Blackberry Messenger (BBM) kode ini sangat mudah dikenali karena mirip dengan barcode BBM.

“Setiap barcode hanya dimiliki satu cartridge, jadi yang ditolak pasti palsu,” jelas Tan saat mendemokannya.

Kualitas tinta yang menggunakan cartridge yang asli memiliki kelebihan di antaranya warna tinta lebih menonjol, tidak bleber jika terkena air dan lebih ekonomis untuk penggunaanya.

“Dengan ini kami berharap tidak ada lagi pengguna yang tertipu dengan cartridge palsu,” tutup Tan.

Sumber : detikinet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>