Apa itu Dot Per Inch (DPI) ?

dpi

Dot per inch (DPI) adalah bentuk dari suatu hasil cetak atau visual, dimana merupakan kumpulan titik dalam ukuran inchi (2,54cm).

Kita temui DPI ini pada resolusi printer. DPI ini berpengaruh kepada hasil cetak teks dan foto. Namunn semakin DPI besar membuat gambar semakin tajam, tetapi akan kebalikannya jika kita memiliki gambar yang resolusinya kurang maka gambarnya pun tidak akan tajam.

Jika kamu ingin mencetak dokumen printer dengan resolusi 300 dpi saja sudah cukup bagus. Namun jika kamu yang suka mencetak photo disarankan cari printer dengan resolusi lebih dari 1200 dpi agar fotonya maksimal.

Sebagai contoh printer dot matrix, printer ini memakai jarum. Sehingga hasil cetakan kurang baik. Hasil cetak yang ditimbulkan hanya 60-90 dpi. Sedangkan inkjet printer memakai tinta cair, akan lebih kerap. Hasil cetaknya lebih tajam dengan resolusi antara 300 – 600 dpi. Untuk laser menggunakan serbuk. Hasil cetaknya lebih baik dibanding kedua tipe printer diatas. Memiliki resolusi mulai dari 600 dpi – 2400 dpi.

Ukurarn DPI juga dipengaruhi oleh PPI (Pixel per inch) pada layar monitor. Semakin tinggi ukuran PPI pada layar, hasil cetak yang diciptakan akan teramat baik.