KENAPA HARUS BELI SCANNER?

Hai Sobat Guter,

Kira-kira ada yang tau gak, alasan orang beli scanner?

“Buat nyeken dokumen min, buat ngubah data dari hardcopy ke softcopy”.

Iya itu udah pasti sob, tapi selain itu ada alasan lain gak kenapa orang harus beli scanner? Malah ada beberapa perusahaan yang bela-belain beli scanner dengan harga yang sangat amazing. Ada loh harga scanner diatas 200 jutaan. Sebagian orang berfikir “daripada beli scanner mending beli mobil aja”.  Hahahaa…..

Nah kali ini MinGu mau ngebahas hal itu, kenapa sampai ada scanner yang mahal banget. Buat apa?

  1. Mempermudah Pengelolaan Berkas

Dongeng dikit ya sob, Hehe..

Jaman dahulu kala Para Guru disekolahan kalau ngoreksi hasil ujian masih jamannya centang menyentang & coret menyoret. Untuk menyelesaikan satu lembar jawaban saja bisa ngabisin waktu 5-10 menit. Bayangin kalau dalam satu kelas ada 30 siswa, kali jumlah masing-masing mata pelajaran, ditambah lagi jumah kelas dalam satu sekolah, kapan beresnya coba? Keburu rontok itu jari-jari tangan bapak/ibu gurunya. Hehee..

Nah di Jaman Now seperti saat ini, kehadiran Scanner sangat amat mempermudah dalam pengelolaan berkas seperti mengoreksi lembar ujian tadi. Apalagi sekarang sudah didukung dengan software-software penunjangnya.

  1. Menghemat Waktu

Ketika pengelolaan berkas menjadi lebih mudah, tentunya waktu pengerjaannya pun menjadi lebih cepat. Kondisi seperti ini Scanner banyak dicari oleh Perusahaan-perusahaan ekspedisi, KPU, Rumah Sakit, Perhotelan, dll. Untuk lebih dimengerti simak video berikut ini sob..

 

  1. Menghemat Tempat

Berkas yang berbentuk hardcopy (fisik) pasti banyak memakan tempat. Contohnya berkas-berkas yang ada di Rumah Sakit. Contoh kecilnya data-data pasien. Bayangin ada berapa banyak pasien yang datang setiap harinya, kali satu bulan, kali satu tahun. Setiap tahunnya pasti bertambah dan bertambah lagi kemudian untuk menyimpan data-data itu butuh ruang yang cukup luas. Iyotoh? Itu baru data pasien. Belum lagi berkas-berkas yang lainnya.

  1. Menghemat Biaya

Seperti yang Sobat Guter ketahui, berkas konvensional sangat merepotkan. Bagaimana tidak? Berkas-berkas seperti itu harus dirapihkan dirak-rak, butuh ruangan yang luas, butuh keamanan yang extra, dan lain-lainnya. Dan itu semua harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Harus beli rak, sewa tempat, gaji security, dll. Sedangkan dengan adanya scanner, berkas digital hanya memerlukan flashdisk atau hardisk aja. Terlebih dijaman now kaya gini udah ada Google Drive brooo. Lebih hematkan? Heheee..

  1. Keamanan Terjamin

Berkas konvensional memiliki ancaman fisik yang siap menyerang kapan saja. Dengan adanya scanner, maka berkas lebih aman karena versi digital dapat menjadi jaminan eksistensi dari versi asli. Kenapa dijamin aman?. Misal, Sebuah Perusahaan Ekspedisi yang memiliki data pelanggan bertubi-tubi, kemudian perusaahan itu tiba-tiba kebakaran. Sedangkan perusaahaan hanya mengandalkan hardcopy saja. Gak kebayang kan repotnya kaya gimana?

“Oh kalau begitu mah, scanner cuma dibutuhin buat dilembaga-lembaga atau perusahaan aja yaa min..? Lantas kalau buat mahasiswa seperti saya, masih ada gak sih alasannya kenapa harus beli scanner?”

Tiap scanner memiliki merk, harga, tipe dan jenisnya masing-masing. Dibalik itu semua pasti ada maksud dan tujuannya. Kalau dilihat dari segi kebutuhan, misalnya sobat guter sekalipun yang statusnya masih pelajar/mahasiswa pasti butuh scanner. Buat apa? MinGu bahas di next blog yaa..

Sampai Jumpa lagi… *-*